Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebuah lembaga non kementerian yang membantu pemerintah dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif, bekerja sama dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan beberapa lembaga pendidikan fashion di Jakarta, menggelar acara Cikini Festival (Ciffest) 2017 pada tanggal 5-6 Agustus 2017 yang lalu di Teater Jakarta, pusat kesenian Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

 

CIFFest 2017 yang baru pertama kali diadakan sengaja melibatkan peran serta perguruan tinggi dan para pegiat fashion untuk turut serta aktif dalam pengembangan riset unggulan dalam bidang fashion dengan membentuk wadah Bekraf creative labs (BCL) sehingga diharapkan menjadi wadah bagi pengembangan kapasitas diri dalam mengkreasikan mode sebagai barometer fashion di Indonesia maupun memberikan pengartuh pada dunia ujar Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan BEKRAF, Abdur Rohim Boy Berawi, saat konfrensi pers menjelaskan pada media.

Peran perguruan tinggi seperti IKJ turut membentuk perkembangan fesyen di Indonesia melalui jalur akademisinya, diharapkan dapat berkolaborasi antar pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan kompetensi pelaku fesyen khususnya dari para ilmu yang diperolehnya di kampusnya, sehingga dapat menularkan ilmu dan wawasannya kepada pelaku ekosistem fesyen Indonesia (desainer, garmen, konveksi, tailor, perusahaan tekstil, UKM, perajin, dan lainnya) jelas Dekan Fakultas Seni Rupa IKJ Indah Tjahjawulan. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, pada hari pertama diisi dengan tiga tema seminar tentang fashion, seperti branding dan tekhnologi pada fashion dan yang bertindak sebagai pembicara Stephen Ng (DAV Indonesia), Handoko Hendroyono (Filosofi Kopi), Sabar Situmorang (Rocket Indonesia), Adhi Nugraha (ADPII) dan moderator Irna Mutiara (IFC). Ekosistem Industri Fashion, dengan pembicara Sadikin Gani (SatuSatu Fashion Hub), Ali Charisma (IFC), Deden Siswanto (IFC), Abdur Rohim Boy Berawi (Bekraf) yang dimoderatori Ichwan Thoha (Lasalle College Jakarta). Trend forecasting Indonesia dengan pembicara Tri Anigerah (ITF), Dina Midiani (ITF) dan yang diikuti oleh para mahasiswa da IKJ, LPTB Susan Budiharjo, Universitas Ciputra, Uki Maranantha. Pada hari kedua rangkaian ciffest digelar fashion show oleh Aji Suropati (IKJ), Deden Siswanto, Leny Agustin, Ray Anjas Maulana (IKJ), Say Lavin, Sofie, dan Acakacak (LPTB Susan Budiharjo)