Halal Life Edisi Januari 2018

Penjual masakan daging anjing dan babi di beberapa kota hanya menyebut istilah tertentu yang tak dikenal masyarakat. Misalnya, “Kambing Balap, Kijang Kota, Scoo be Doo, Seng-Su dan Tongseng Jamu,”  bahkan ada yang memberi nama “Rica-Rica” tanpa menyebutkan “Rica-Rica Daging Anjing atau Babi.”

Masyarakat Muslim harus ekstra hati-hati dan teliti sebelum memutuskan membeli makanan berbahan daging di Kota Yogyakarta, Klaten, Solo dan Sragen. Pasalnya, di empat kota ini terdapat banyak kedai sederhana hingga restoran yang menyediakan daging tak halal, seperti anjing, babi, tikus, ular dan lainnya. Kedai hingga restoran ini mudah ditemukan di sudut-sudut kota.

Di Kota Solo, Jawa Tengah, kondisinya juga sama. Yang membedakan hanya istilah saja. Di Solo masakan atau sate anjing disebut “Sate Jamu, Rica-Rica atau Sate Guk-Guk.” Sebelum 2010, penjual sate anjing masih “malu-malu” berjualan secara terbuka. Kedai kaki lima hingga rumah makan hanya menuliskan “Sate Jamu” tanpa embel-embel anjing atau guk-guk.

Di DKI Jakarta juga tak kalah marak. Kawasan Cililitan, Jakarta Timur, sudah dikenal publik sebagai pusat daging anjing dan babi. Salah satunya ditekuni Tina Silitonga (40 tahun). Lulusan sarjana ekonomi dari salah satu universitas swasta di Jakarta ini meneruskan usaha orang tuanya. Sejak 1970, orang tua Tina, Silitonga Boru Gultom membuka usaha pemotongan, katering daging anjing dan babi di rumahnya RT 08/RW 08 No 27 Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Di tiga kota ini, omset penjualan daging anjing dan sapi terus meningkat. Tiap hari puluhan anjing dan babi dipotong kemudian didistribusikan kepada pelanggannya. Berapa sebenarnya omset penjualan daging haram dalam Islam ini tiap hari? Siapa saja pelanggannya? Adakah potensi pencemaran terhadap daging halal yang dikonsumsi umat Islam? Ikuti uraian lengkapnya hanya di Rubrik Halal Life OASESAHIRA edisi Januari 2018.

Dapatkan di:
Gramedia Seluruh Indonesia, http://www.gramedia.com/
Gunung Agung, http://www.tokogunungagung.com/beta/
Book and Beyond-Toko Buku Online, http://www.booksbeyond.co.id/
Familly Mart, http://www.familymartindonesia.com/
Books Kinokuniya-Toko Buku Online, https://www.kinokuniya.com/
Paperclip Toko Online, http://www.paperclip.co.id/index.od
dan gerai penjualan majalah terdekat.

Akses Online:
HIGO, https://company.higoapps.com/
Via APPLE, ANDROID, IPHONE, dan Tablet PC.

Berlangganan:
Kantor: 021-83784878 (Jam Kerja)
FB: Majalah OASE
Twitter: @MajalahOase
Instagram: @majalahoasesahira
Website: www.oase.co.id