Ilmu Tanpa Adab adalah Kemurkaan

Berilmu tanpa adab adalah kemurkaan Allah SWT (al-maghdhubi alaihim), sementara beradab tanpa ilmu merupakan kesesatan (al-Dhallin). Adab adalah inti dari ilmu nafi’ (ilmu yang bermanfaat). Bahkan, Ibn Qayyim berpendapat, adab adalah inti dari akhlak karena di dalamnya mencakup semua kebaikan.

Salah satu masalah paling mendasar yang dihadapi umat Islam saat ini adalah dipisahkannya antara ilmu dan adab. Secara sistematis, ilmu (baik ilmu agama maupun umum) sudah dijauhkan, bahkan dihilangkan dari nilai-nilai adab (termasuk akhlak) dalam arti luas. Akibatnya, terjadilah suatu kehidupan yang oleh Syed Muhammad Naquib al-Attas yang memiliki nama lengkap Syed Muhammad al-Naquib bin Ali bin Abdullah bin Muhsin al-Attas disebut sebagai “the loss of adab” (hilangnya adab).

Menurut cendekiawan dan filsuf Muslim asal Malaysia yang menguasai teologi, filsafat, metasifika, sejarah dan 7 bahasa ini, hilangnya adab dalam peradaban modern saat ini mengakibatkan banyak efek buruk. Di antaranya, terjadinya kebingungan dan kekeliruan persepsi mengenai ilmu pengetahuan dan menciptakan tidak adanya adab dalam kehidupan modern ini.

“Hasil akhir dari peradaban tanpa adab ini ditandai dengan lahirnya banyak pemimpin yang bukan saja tidak layak memimpin umat, tapi juga tidak memiliki akhlak yang luhur, dan kapasitas intelektual serta spiritualnya sangat tidak memadai. Sehingga, kepemimpinannya tidak membawa pada keadilan dan kesejahteraan umat tapi membawa pada kerusakan di berbagai sektor kehidupan, baik individu, masyarakat, bangsa, negara dan agama,” tandas al-Attas.

Dalam Islam, ilmu dan adab merupakan dua hal yang saling terintegrasi, saling menguatkan antara satu dengan lainnya. Keduanya ibarat dua sisi mata uang yang tak terpisahkan, kebermaknaan yang satu tergantung pada lainnya. Ilmu tanpa adab ibarat pohon tanpa buah, adab tanpa ilmu ibarat orang berjalan tanpa arah dan tujuan. Karenanya, ilmu dan adab harus bersinergi, tidak boleh dipisah-pisahkan.

Anda penasaran ingin mengupas lebih dalam? Apa itu Adab? Apa Itu Ilmu? Bagaimana hubungan keduanya yang saling melengkapi? Baca lebih lanjut hanya di Rubrik OASE UTAMA edisi Agustus 2017.

Beradab Tanpa Ilmu adalah Kesesatan

Dapatkan di:
Gramedia Seluruh Indonesia, http://www.gramedia.com/
Gunung Agung, http://www.tokogunungagung.com/beta/
Book and Beyond-Toko Buku Online, http://www.booksbeyond.co.id/
Familly Mart, http://www.familymartindonesia.com/
Books Kinokuniya-Toko Buku Online, https://www.kinokuniya.com/
Paperclip Toko Online, http://www.paperclip.co.id/index.od
dan gerai penjualan majalah terdekat.

Akses Online:
HIGO, https://company.higoapps.com/
Via APPLE, ANDROID, IPHONE, dan Tablet PC.

Berlangganan:
Kantor: 021-83784878 (Jam Kerja)
FB: Majalah OASE
Twitter: @MajalahOase
Instagram: @majalahoasesahira
Website: www.oase.co.id