Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang terletak di sebelah utara dengan Kota Padang, pada 15-18 Juli 2018 menggelar Jambore Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Acara ini dipusatkan di salah satu objek wisata andalan Pesisir Selatan yakni Pantai Carocok Painan.

Jambore dihadiri oleh kader PKK, seluruh Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat, serta undangan lainnya. Hadir juga Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Pusat Dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, isteri Sekretaris Kabinet yang menjabat Bendahara PKK Pusat Endang Nugrahani Pramono Anung, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beserta Isteri Nevi Irwan Prayitno, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan Isteri Lisda Rawdha sekaligus sebagai tuan rumah.

Jambore secara resmi dibuka oleh Ketua umum Tim penggerak (TP) PKK pusat Dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Senin (16/7/2018) dengan memukul beduk secara simbolik yang didampingi oleh Bendahara PKK Pusat Endang Nugrahani Pramono Anung, Ibu Gubernur Sumbar Nevi Irwan Prayitno dan Ibu Bupati Pesisir Selatan Lisda Rawdha.

Selanjutnya, acara pembukaan ini dimeriahkan oleh atraksi tarian kolosal dari siswa-siswi SMA dan SMK di Painan dan penampilan parade marcing band yang digawangi para Lansia dari Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan.

Pada sambutannya, Dr Erni Tjahjo Kumolo menjelaskan, pemberdayaan kader PKK sangat bermanfaat terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK. Ketua TP PKK Pusat ini juga memberikan apresiasi kepada TP PKK kabupaten dan kota se-Sumbar yang paling aktif membina kader-kadernya se-Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan menyelenggarakan Jambore PKK untuk ke-16 kalinya di Sumatera Barat tiap tahun. “Jika program ini terwujud akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat, karena para kader PKK memiliki keterampilan dan kreatifitas yang tinggi sehingga bisa ditularkan kepada masyarakat agar lebih berdaya dan maju,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya mengajak semua peserta dan kader PKK selain mengikuti acara dan lomba, diharapkan juga berwisata dan menikmati keindahan objek wisata di daerah ini. Karena Pesisir Selatan tidak hanya memiliki Pantai Carocok yang indah, tapi juga memiliki Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh yang sangat populer. “Jika semua objek wisata ini dikelola secara maksimal, insya Allah kabupaten yang berjuluk “Negeri Sejuta Pesona” ini mampu mengalahkan Raja Ampat. Hal ini membutuhkan peran serta aktif kader PKK khususnya dan masyarakat Sumatera Barat umumnya dalam mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Pessel,” harapnya.


Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dalam sambutannya berharap, dengan terselenggaranya Jambore PKK di Pessel ini, bisa mejadi ajang memupuk kebersamaaan, silaturrahmi dan tempat berbagi pengalaman sekaligus ajang meningkatkan kemampuan kader PKK se Sumatera Barat. Sehingga, bisa terwujud keluarga sehat, sejahtera dan mandiri di Sumatera Barat. Senada dengan sang suami, Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan Lisda Rawdha Hendrajoni berharap, melalui kegiatan ini dapat menambah pengalaman, wawasan, pengetahuan dan persahabatan antar kader PKK dari 19 kabupaten dan kota se-Sumatera Barat. Sehingga, bisa memotivasi kader yang lain agar bisa lebih maju, memajukan PKK dan mewujudkan 10 program pokok PKK bagi masyarakat di daerahnya masing-masing.

Sekitar 1.000 orang peserta Jambore PKK dari seluruh kabupaten dan kota se-Sumatera Barat ini berkemah selama 3 malam atau selama pelaksanaan jambore dilangsungkan. Berbagai kegiatan lomba, seperti lomba Program Kelompok Kerja (Pokja) dan Kesekretariatan, yakni Lomba Leaflet, Asmaul Husnah, Pameran Hasil Kelompok UP2K PKK, Pemanfaatan Barang Bekas, Lomba Penyuluhan dengan Metoda Bermain Peran, Lomba Parade Yel-Yel. Selain itu, diisi juga dengan tausiah dan muhasabah keislaman dan keimanan, kesenian Khas dari masing-masing daerah, jalan santai, senam massal, dasa wisma, kegiatan outbond, serta pameran kerajinan dan hasil kegiatan TP PKK dari daerah masing-masing.

Tak ketinggalan, Lisda Rawdha juga berkesempatan menyumbangkan suara merdunya pada sesi malam seni budaya di acara Jambore PKK se-Sumatera Barat ini.
Rep: Olink KP
Red: Dwi H