MENJELANG Hari Ibu, siswa-siswi kelas X SMA Taruna Nusantara (TN) Angkatan 28 asal Jakarta unjuk kebolehan dengan menampilkan berbagai kreativitas dalam Perhelatan Malam Panda 3 Jaya di Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi (PTIK), Jakarta Selatan, Selasa (19/12).

Unjuk kebolehan mulai dari tarian tradisional seperti tari lenggang nyai, tari modern, paduan suara, band, hingga fashion show yang menampilkan berbagai seragam saat menempuh pendidikan. Di antaranya seragam piyama, JAGRA atau Jaga Graha yang digunakan untuk membersihkan asrama, olahraga, PDH atau pakaian dinas harian, belajar malam, pramuka, batik, pesiar dan lainnya.

Acara diselenggarakan berdekatan dengan Hari Ibu agar para siswa dapat mempersembahkan hasil kreativitas mereka kepada orang tua mereka.

“Tujuan diadakannya Malam Panda ini untuk meningkatkan kekompakan, solidaritas, dan rasa kekeluargaan antara anak-anak dan para orang tua. Acara diadakan berdekatan dengan Hari Ibu sehingga anak-anak dapat mempersembahkan hasil kreativitas mereka kepada orang tua,” ujar Maya Miranda Ambarsari, Ketua Malam Panda 3 Jaya, Ibunda dari Muhammad Khalifah Nasif, salah seorang siswa SMA Taruna Nusantara.

Malam Panda ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh siswa-siswi SMA Taruna Nusantara dari tiap daerah ketika mereka pulang untuk liburan. SMA Taruna sendiri menerapkan sistem pendidikan berasrama, sehingga para siswa baru dapat kembali ketika masa libur sekolah.

Tidak hanya para siswa, Malam Panda 3 Jaya juga melibatkan para orang tua siswa yang tergabung dalam Paguyuban Panda 3 Jaya TN. Menariknya, acara ini disiapkan hanya dalam waktu 5 hari oleh 28 siswa SMA Taruna Nusantara yang berasal dari Jakarta.

Kepala SMA Taruna Nusantara, Drs. Usdiyanto, M.Hum, mengatakan, Malam Panda Jaya dapat menjadi media pendidikan yang sangat baik dan penting bagi siswa SMA Taruna Nusantara.

“Kegiatan ini dapat menjadi wahana pelatihan memimpin dan mempersiapkan suatu kegiatan dengan baik, sehingga dapat memberi karya terbaik”, ujar Usdiyanto.