Para desainer tanah air saling unjuk gigi memamerkan koleksi teranyar mereka di  Jakarta Fashion Week (JFW) 2018. Mereka berusaha menyuguhkan karya yang artistik dan berbeda sebagai bentuk inovasi yang antimainstream. Seperti di hari kelima, Rabu (25/10), Si.Se.Sa tampil beda dari biasanya dan berusaha keluar dari “Zona Aman”.

Si.Se.Sa menampilkan koleksi busana Muslim syar’i yang terinspirasi dari nuansa alam Indonesia dengan mengusung tema ”Rimba”, yaitu koleksi yang memadukan kelebatan hutan Indonesia dan kekayaan ekosistemnya dengan busana syar’i. Koleksi ini juga menggambarkan kehidupan wanita modern yang seperti berada di hutan rimba. Wanita masa kini yang sedang belajar menjadi pejuang perkotaan atau urban warrior.

Berbeda dengan sebelumnya, koleksi yang ditampilkan 3 kakak-beradik, Siriz Tentani, Senaz Nasansia, dan Sansa Enandera, kali ini lebih menonjolkan sisi feminin yang kuat. Seolah ingin mengatakan, kehidupan seorang wanita modern di kota yang sangat hectic tidak menghambat mereka untuk tetap terlihat anggun dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Menampilkan 16 item, setiap look dalam koleksi Si.Se.Sa kali ini tampil dengan siluet dress berbentuk lebar supaya tidak membentuk tubuh yang menjadi ciri khas rancangan Si.Se.Sa. Motif yang banyak digunakan adalah motif daun pisang. Tumbuhan berdaun besar yang banyak tumbuh di Indonesia.

Gaya berbeda tak hanya terlihat dari motif pilihan Si.Se.Sa, melainkan sentuhan warna juga berbeda dari biasanya, seperti hijau, mocca dan beige (krem). Warna tanah (earth tone) seperti coklat, juga ditampilkan dalam koleksinya.

Busana Muslim syar’i yang didesain dengan konsep feminine, strong, sophisticated, dan deluxe ini memberikan strong point pada flap pocket, pleated, metal accessories yang menonjolkan kesan safari look.

Selain itu, yang menarik pada perhelatan JFW 2018 kali ini, Si.Se.Sa mengeluarkan kerudung dengan inovasi baru, yaitu Khimar Coat. Kerudung yang memiliki dua fungsi sebagai khimar dan outerwear yang dapat digunakan untuk cuaca dingin. Kerudung ini terinspirasi dari para pelanggannya yang sering bepergian ke luar negeri.