Eksotik. Magelang dari Ketinggian

Magelang tak hanya memiliki Borobudur. Destinasi wisata alamnya tak kalah eksotik dari Dataran Tinggi Dieng. Wisata sejarahnya sarat dengan pesan-pesan dakwah dan perjungan
panjang mengusir penjajah.

Magelang merupakan wilayah administrasi pemerintahan yang posisinya sangat strategis di Provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini dibagi menjadi dua, Kota Magelang dengan ibukota di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang dengan ibukota di Kota Mungkid. Strategisnya Kota Magelang karena berada di tengah-tengah Pulau Jawa dan di persimpangan jalur transportasi serta ekonomi antara Semarang–Yogyakarta dan Purworejo.

Selain itu, Kota Magelang juga berada pada persimpangan jalur wisata lokal, regional dan internasional antara Yogyakarta–Borobudur–Dataran Tinggi Dieng dan Dataran Tinggi Kopeng.  Strategisnya Kota Magelang juga didukung dengan penetapan Kota Magelang sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) Kawasan Purwomanggung (Kabupaten Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Kota Magelang dan Kabupaten Magelang) dalam Rencana Tata Ruang Nasional dan Provinsi Jateng.

Kota yang berpenduduk 132.662 jiwa menurut data BPS Kota Magelang tahun 2016 ini, hanya berjarak sekitar 75 km selatan Kota Semarang, 43 km utara Kota Yogyakarta dan 15 km utara Kota Mungkid. Dengan luas wilayah hanya 18,12 km persegi, Pemerintah Kota Magelang menetapkan prioritas pembangunannya sebagai “Kota Jasa” khususnya jasa pariwisata, pendidikan, perdagangan dan pemukiman.

Topografi Kota Magelang berada pada dataran tinggi, sekitar 380 – 450 m dpl. Dengan kemiringan 5 – 45 derajat yang diapit Sungai Progo di sisi barat dan Sungai Elo di sisi timur. Kondisi ini membuat Kota Magelang menjadi bebas banjir. Iklimnya cenderung basah dengan curah hujan tinggi sekitar +7,10 mm/th. Sehingga, kota yang berhawa sejuk ini sangat nyaman menjadi kawasan pemukiman dan pendidikan. Selain itu, di kota ini juga tumbuh subur aneka jenis bunga yang menambah keindahan kota.

Dari kota sejuk inilah distribusi wisatawan terbagi ke beberapa destinasi utama di Jawa Tengah. Ada yang meneruskan perjalanan menuju Dieng, Kopeng, Candi Borobudur, Semarang, Yogyakarta, Solo dan sekitarnya. Tapi Kota Magelang sendiri juga memiliki beragam destinasi wisata menarik dan unik. Jika Anda ingin mengeksplorasi destinasi wisata Kota Magelang simak terlebih dulu ulasan berikut, hanya di Rubrik Melancong edisi Januari 2018.

Alun-Alun Kota Magelang

Dapatkan di:
Gramedia Seluruh Indonesia, http://www.gramedia.com/
Gunung Agung, http://www.tokogunungagung.com/beta/
Book and Beyond-Toko Buku Online, http://www.booksbeyond.co.id/
Familly Mart, http://www.familymartindonesia.com/
Books Kinokuniya-Toko Buku Online, https://www.kinokuniya.com/
Paperclip Toko Online, http://www.paperclip.co.id/index.od
dan gerai penjualan majalah terdekat.

Akses Online:
HIGO, https://company.higoapps.com/
Via APPLE, ANDROID, IPHONE, dan Tablet PC.

Berlangganan:
Kantor: 021-83784878 (Jam Kerja)
FB: Majalah OASE
Twitter: @MajalahOase
Instagram: @majalahoasesahira
Website: www.oase.co.id