Tasyakuran Milad ke-17, Yayasan Rafifah menggelar Fashion Charity yang bertempat di Gedung Smesco, Selasa 27/3/2018. Acara yang dihadiri oleh Direktur Smesco, Emilia Suhaimi, beberapa Desainer dari Indonesia Modest Fashion Designers (IMFD) serta artis terkenal, seperti Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis, dan juga seluruh anggota Yayasan dari Jakarta, Depok, Sentul dan Tanjung Pinang ini,  tampak sederhana tapi meriah. Tidak ketinggalan Ustadzah Lulung memberikan tausiah pada acara ini.

Sesuai dengan tema yang diangkat, Fashion Charity, busana Muslimah karya Desainer-Desainer terkenal, seperti Jeny Tjahyawati, Darabirra, SiSeSa, Nina Nugroho, Yus Oktavia dan lain-lain yang diperagakan oleh anggota Majelis Taklim Rafifah, Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis, dilelang kepada peserta yang hadir. Hasil penjualannya akan digunakan untuk kegiatan sosial Yayasan Rafifah.

 

Yayasan Rafifah berdiri tahun 2001 dan masih berbentuk majelis taklim dari rumah ke rumah. Seiring perkembangan waktu dan semakin banyaknya kegiatan sosial yang dilakukan, majelis taklim berubah menjadi yayasan pada tahun 2008.

Ketua Umum Rafifah, Margaretha Bangun Andi Agus menjelaskan, “Ada tiga hal yang menjadi fokus di yayasan kami, yakni dakwah, sosial dan pendidikan. Selain program anak asuh, kunjungan ke panti sosial dan korban bencana, kami juga mendirikan masjid di beberapa daerah.”

Margaretha menuturkan, ada beberapa hal yang ingin menjadi target yayasannya di usia 17 tahun ini. Setelah mendirikan masjid di kawasan Sentul dan Tanjung Pinang, target berikutnya adalah tebar mukena untuk Ramadhan, itsbat nikah untuk 50 pasangan, dan mendirikan sekolah gratis untuk membantu mereka yang memang membutuhkan bantuan.

“Realisasi dari belajar agama itu adalah menjadi lebih baik dan do something. Intinya kami ingin berguna untuk orang banyak, terutama untuk mereka yang memang membutuhkan bantuan. Sesuai dengan namanya “Rafifah” yang artinya wanita yang berakhak mulia,” ujar Margaretha.