Mangut Ikan Khas Magelang

Dari sup segar berbahan sayur dan daging sapi hingga hidangan pedas berbahan ikan air tawar menjadi ciri khas kuliner “Kota Seribu Bunga” ini. Berbahan dan berbumbu rempah-rempah lokal, justru menghasilkan cita rasa khas nan lezat.

Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, yang posisinya sangat strategis karena berada pada jalur utama sekaligus persimpangan antara Semarang–Yogyakarta dan Purworejo ini, juga disebut sebagai “Tuin Van Java” (Kota Kebun atau Kota Bunga di Jawa). Tak berlebihan memang, kota yang berhawa sejuk karena berada pada ketinggian 380 – 500 m dpl ini, memang banyak memiliki taman bunga aneka warna yang eksotik dan menawan. Menambah keindahan dan keasrian kota.

Pemerintah Kota Magelang telah menetapkan bahwa prioritas pembangunan diarahkan sebagai kota jasa yang memiliki daya tarik sebagai daerah tujuan wisata dan memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat. Karenanya, berbagai fasilitas dan sarana infrastruktur menuju kota jasa ini terus dibenahi dan dipenuhi. Termasuk dalam bidang wisata kuliner.

Ternyata, kota yang luasnya hanya 18,12 km persegi dengan jumlah penduduk 132.662 jiwa (BPS Kota Magelang, 2016) ini, memiliki banyak rumah makan dan restoran. Belum lagi dengan warung sederhana dan kedai tenda yang menjamur di setiap sudut kota. Pemerintah kota juga sangat mendukung wisata kuliner dengan membangun beberapa sentra kuliner, seperti Kuliner Sigaluh, Kuliner Tuin Van Java, Alun-Alun Kuliner, dan pusat kuliner lainnya.

Di Alun-Alun Kota Magelang juga sering diadakan festival kuliner oleh pemerintah, organisasi masyarakat dan perusahaan swasta. Festival kuliner yang rutin diadakan Pemkot Magelang setiap tahun adalah saat peringatan HUT Kota Magelang dan HUT Kemerdekaan RI.

Anda penasaran dengan kekhasan kuliner Kota Magelang? Ikuti penelusuran OASESAHIRA di “Kota Sejuta Bunga” ini hanya di Rubrik Info Jajan Edisi Januari 2018.

Sup Serenek. Sup Dading dan Kacang Merah Khas Magelang

Dapatkan di:
Gramedia Seluruh Indonesia, http://www.gramedia.com/
Gunung Agung, http://www.tokogunungagung.com/beta/
Book and Beyond-Toko Buku Online, http://www.booksbeyond.co.id/
Familly Mart, http://www.familymartindonesia.com/
Books Kinokuniya-Toko Buku Online, https://www.kinokuniya.com/
Paperclip Toko Online, http://www.paperclip.co.id/index.od
dan gerai penjualan majalah terdekat.

Akses Online:
HIGO, https://company.higoapps.com/
Via APPLE, ANDROID, IPHONE, dan Tablet PC.

Berlangganan:
Kantor: 021-83784878 (Jam Kerja)
FB: Majalah OASE
Twitter: @MajalahOase
Instagram: @majalahoasesahira
Website: www.oase.co.id