Setiap manusia dilahirkan dengan segala kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi fisik maupun non fisiknya (no body perfect), namun kita sebagai makhlik ciptaan Allah azza wa Jalla harus tetap bersyukur atas karunia dan senantiasa berharap keberkahanNya. Dengan pemahaman yang tepat mengenai fisik atau bentuk tubuh sehingga dapat membantu kita memilih busana yang tepat dalam penampilan kita dalam berinteraksi. Berikut saran serta tips dalam memilih busana yang tepat sesuai bentuk tubuh:

1. Bentuk Tubuh Seperti Buah Pir
Diibaratkan seperti buah pir, pada bentuk tubuh ini, bagian pinggul, paha dan bokong merupakan bagian tersebesar daripada bagian tubuh lainnya. Untuk mendapatkan hasil padu padan yang pas pada busana anda, sebaiknya seimbangkanlah bagian bawah tubuh Anda dengan memilih busana dengan warna yang cenderung cerah dan motif yang penuh untuk bagian atas. Dengan cara ini fokus perhatian dapat teralihkan pada bagian atas tubuh anda yang ramping. Busana dengan detail di bagian bahu atau lengan serta tangan, atau dengan motif garis horisontal juga dapat membantu menyeimbangkan bentuk tubuh atas dan bawah Anda. Gunakanlah model basic cut yang bebas dari aneka detail sederhana dan simple agar fokus tidak terpecah..

2. Bentuk Tubuh Segitiga Terbalik
Ciri dari bentuk tubuh segitiga terbalik ini adalah bahu lebih lebar dibandingkan dengan pinggang, sehingga bahu terlihat lebih kuat. Anda yang memiliki bentuk tubuh ini bisa menyamarkannya dengan memilih busana dengan model clean cut tanpa detail apapun di bagian atas terutama pada bagian bahu. Pilih dan gunakanlah atasan dengan warna pastel. Seimbangkan bentuk tubuh segitiga terbalik dengan cara bermain di bagian bawah. Pilih dan gunakan busana dengan bagian bawah berwarna cerah atau bermotif yang agak ramai serta penuh dengan detail-detail agar membuat perhatian tertuju ke bagian bawah bawah tubuhmu.

3. Bentuk Tubuh Persegi Panjang
Bentuk tubuh ini memiliki karakteristik antara lain, pada bagian dada dan pinggul memiliki ukuran yang sama, dan tidak memiliki garis pinggang yang jelas. Pilih dan gunakanlah busana dengan motif geometris akan dibingkai atau busana yang relatif simple dan tak terlalu ramai akan yang dapat menyamarkan bentuk tubuh Anda dengan sempurna.

4. Bentuk Tubuh Buah Apel
Ciri-ciri dari bentuk tubuh buah apel ini adalah bentuk tubuh yang membesar pada bagian pinggang saja. Untuk menyeimbangkan bentuk tubuh anda, gunakanlah busana dengan model empire dress agar bisa membuat porposional penampilan anda. Jika Anda memiliki tubuh yang tergolong kurus maka sebaiknya gunakan busana yang simpel dibagian atas dengan garis leher yang rendah dan hindarilah penggunaan busana yang telalu banyak memiliki detail di bagian pinggang.

5. Bentuk Tubuh Besar
Bentuk tubuh ini bisa dikategorikan sebagai bentuk tubuh yang besar terutama di bagian perut dan tanpa lekuk tubuh yang jelas. Gunakan aneka busana yang berlekuk di bagian pinggangnya, dan tidak terlalu longgar ataupun ketat. Untuk menghasilkan ilusi tubuh lebih tinggi sebaiknya gunakan busana dengan motif garis vertikal. Gunakan bawahan dengan model regular cut tanpa detil.

Semoga tips dan saran kami dapat berguna dalam membantu menutupi kelebihan dan kekurangan anda dalam berpenampilan berbusana.