Biasanya, memasuki semester kedua tahun ajaran banyak lembaga pendidikan, khususnya Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), sibuk mempersiapkan try out untuk para murid jenjang kelas akhir. Fenomena ini juga dialami para peserta didik homeschooling.

Try out sendiri dimaksudkan untuk melatih kemampuan dan kesiapan teknis peserta didik menghadapi tipe soal-soal yang kemungkinan akan keluar dalam Ujian Nasional (UN). Try out biasanya dilakukan secara berkala setiap bulan sampai menjelang ujian dilaksanakan.

Di edisi homeschooling kali ini, ada baiknya diulas tentang try out.  Try out adalah percobaan ujian. Try out dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat kesiapan anak-anak menghadapi ujian sesungguhnya nanti. Try out dimaksudkan sebagai pemanasan,  pengenalan soal dan bentuk ujian yang akan diikuti para siswa, sehingga mereka tidak panik saat menghadapi ujian sesungguhnya.

Biasanya, para peserta homeschooling mempunyai jadwal khusus mengikuti try out,  baik yang dilaksanakan oleh sekolahnya maupun lembaga bimbingan belajar.  Bahkan, ada juga try out yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan setempat.

Tak sekadar percobaan ujian, try out juga dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana ketuntasan dan pemahaman anak-anak menyerap subjek pembelajaran yang selama ini diajarkan. Terlebih lagi bagi anak-anak homeschooling yang melakukan pembelajaran individual atau komunitas, try out juga menjadi tolak ukur penguasaan dan pemahaman subjek pelajaran yang diujikan.

Lazimnya, try out berisikan soal-soal ujian dengan bobot tertentu, mulai dari soal-soal yang mudah tingkat kesulitannya, hingga  soal-soal yang sulit. Soal-soal try out biasanya mengacu pada soal-soal yang sebelumnya telah diujikan Pemerintah di Ujian Nasional (UN).

Apakah hasil dari try out harus bagus? Sebagai guru dan orang tua tentunya berharap peserta didik bisa mengerjakan soal-soal tersebut dan mendapatkan nilai try out yang bagus.  Namun, hal itu kurang bijak. Terlebih lagi bila guru dan orang tua belum mengerti tingkat kemampuan anak dalam memahami, kecepatan dan ketelitian membaca soal. Sehingga akan lebih baik bila kita memberikan support terhadap kesiapan anak. Biasanya, soal-soal try out memiliki bobot tertentu dan bertahap, agar anak tidak kaget dan bingung menjawab setiap soal yang ada dalam pelatihan ujian.

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi try out?

1. Persiapan mental

Sejak dini sampaikan ke anak-anak bahwa try out adalah persiapan untuk menghadap ujian sesungguhnya. Sehingga rasa takut dan was-was bisa dikurangi dan dihilangkan, agar saat ujian sesunguhnya anak-anak telah siap dan bisa menyelesaikan soal-soal dengan baik.

2. Persiapan fisik

Meski hanya sekadar pelatihan,  namun persiapan fisik juga diperlukan agar tidak mengganggu jalannya try out. Karena itu, makan teratur, istirahat yang cukup, belajar dan membaca serta pelatihan soal menjadi penting yang harus  diperhatikan guru dan orang tua untuk para peserta didik.

3. Persiapan perlengkapan

Biasanya, perlengkapan seperti pensil, pulpen, penghapus, penggaris, peraut pensil dan sebagainya, paling sering kali tertinggal dan dibawa anak-anak dalam ujian. Karena itu, sehari sebelum ujian sebaiknya orang tua membantu menyiapkan dan mengecek kembali perlengkapan alat tulis yang diperlukan anak-anak saat try out.

4. Dukungan orang tua

Dukungan orang tua, seperti menemani anak belajar, mempersiapkan try out, memberikan motivasi, mendoakan, menyemangati anak-anak dalam menyelesaikan soal-soal ujian, sangat dibutuhkan para peserta didik. Tujuannya bukan sekadar berapa nilai yang akan diperoleh anak setelah ujian, tapi dorongan agar mereka bisa menyelesaaikan soal-soal ujian.  Nilai ujian adalah bagian dari penilaian yang memerlukan evaluasi, bukan menjadi alat untuk memarahi anak.

Saya ucapkan selamat mengikuti try out kepada anak-anak, guru dan para orang tua. Karena sesungguhnya tiga komponen; guru, anak dan orang tualah peserta sebenarnya ujian tersebut. Melalui try out semoga anak-anak bisa mendapatkan gambaran dan penyelesaian soal-soal yang akan diujikan nanti.

Oleh Yayah Komariah, Direktur Tiraz Homeschooling